https://forum.edugorilla.com/wp-content/uploads/sites/12/2019/01/test-cat-seleksi-cpns-kanwil-kementerian-agama-provinsi-jawa-barat-tahun-2018-2.jpg



Jl. Setia Budhi (INMAS Bagian Tata Usaha)

Pelaksanaan Tes CPNS kali ini membuka seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya formasi khusus bagi kaum disabilitas. Tentunya ketentuan batas minimal untuk kaum disabilitas dibedakan dengan yang normal mengingat keterbatasan mereka. Khusus disabilitas diadakan Tes CPNS pada hari pertama pelaksanaan Tes CPNS, Hari Sabtu (03/11), di Aula Eldorado Sport, Cafe, adn Covention Hall, Bandung.

Terlihat dari 32 peserta disabilitas yang antusias mengikuti tiap tahap verifikasi sebelum akhirnya mereka mengikuti ujian Tes CPNS. “Tentunya untuk kaum disabilitas untuk antrian didahulukan dan khusus tuna netra mendapatkan pendampingan dari panitia sampai mereka selesai mengikuti Tes CPNS,” ujar Kasubbag Ortala dan Kepegawaian, H. Usep Permana pada sesi wawancara di lokasi pelaksanaan.

Pada saat yang berbeda, Kepala Bagian Tata Usaha, H. A. Handiman Romdony yang setia dari awal sampai akhir mengawal jalannya pelaksanaan tes CPNS ini mengomentari bahwa dengan dibukanya kesempatan bagi kaum disabilitas mengikuti Tes CPNS ini membuktikan bahwa pemerintah sangat memperhatikan kehidupan warganya.

“Saudara kita yang menyandang disabilitas juga bisa berkarya dinegara ini dengan memberikan kontribusi sebagai ASN, karena dibalik kekurangan fisik yang mereka miliki pasti mereka memiliki kelebihan yang terkadang orang normal saja belum tentu sanggup,” ungkap Romdony dengan bangga.

Disaat disinggung formasi untuk disabilitas, Bapak yang humoris ini pun menuturkan bahwa untuk disabilitas nantinya akan ditempatkan menjadi guru di madrasah. “Semoga dengan adanya mereka dapat memberikan pembelajaran bagi para siswa bahwa keterbatasan itu bukan suatu halangan untuk menjadi maju dan sukses,” harapan dari bapak satu anak ini.

Hal ini pun disambut positif oleh salah satu peserta Tes CPNS disabilitas yang bernama Yudhi Ahmad yang berasal dari Jakarta. Cacat Retina yang dimilikinya tidak menyurutkan langkahnya untuk mencoba mengikuti Tes CPNS kali ini. “Saya mau seperti yang lainnya dapat menjadi PNS, mudah-mudahan saya bisa lulus dengan segala keterbatasan saya ini,” ungkapnya.

Mas Yudhi pun dengan serius mengisi soal tes CPNS dengan didampingi oleh seorang panitia yang dengan sabar membacakan setiap soal dan pilihan jawabannya. Untuk peserta disabilitas mendapatkan tambahan waktu 30 menit sehingga total waktu yang diberikan sebanyak 120 menit dirasa cukup untuk mengerjakan 100 soal bagi peserta disabilitas.

Kontributor: Novam Scorpiantrien

source

Fill this form and get best deals on " Coaching classes"

  • 100% genuine institutes aiming to help you ace studies
  • Get immediate response from the institutes
  • Compare institutes and pick only the best!
  • Feel free to choose the institute you like, and rest will be taken care of
GET UPTO 50%    OFF!
Verify Yourself




Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account